Serakalan ke Rumah Jamaah Calon Haji ♻

Kegiatan rutin setiap ada keluarga atau anggota masyarakat yang akan berangkat menunaikan ibadah haji menuju Tanah Suci Makkah yaitu Serakalan ke rumah jamaah calon Haji. Rangkaian acara yang biasa dilaksanakan dimulai dari membuka acara oleh protokol “dadakan” saya katakan dadakan karena siapa saja yang siap akan diminta jadi MC, Hee…. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Al Barzanji, disambung dengan pembacaan Serakalan bersama. Kemudian Zikiran sampai dengan Pembacaan Do’a dan Penutup. Mungkin ini secara garis besar rangkaian acara setiap malamnya.

Jamaah Serakalan Lingk. Karang Buaya

Jamaah calon Haji yang akan berangkat di Lingkungan Karang Buaya ada 10 orang, dari 10 orang jamaah berarti ada sekitar 6  tempat, karena ada yang berangkat bersama suami/istri dan juga bersama orang tuanya. Akhirnya jamaah Serakalan dibagi menjadi dua kelompok dan dijadwalkan setiap malam selama satu minggu, dari 6 tempat yang ada masing-masing jamaah Serakalan bisa berziarah ke tiga tempat dan pada malam berikutnya berpindah ke tiga tempat lainnya.

Pastinya dari kegiatan ini yang bisa kami pelajari dan dapatkan adalah selain dapat berzikir kepada Allah, rasa kekeluargaan yang semakin kuat antar masyarakat juga akan kita rasakan, karena bisa dipastikan masyarakat secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk hadir berziarah ke rumah jamaah calon Haji “selama satu minggu”, MasyaAllah indahnya.

Maka seharusnya kita sebagai warga masyarakat bersyukur kepada Allah karena diberikan nikmat berupa lingkungan yang aman dengan masyarakat yang saling mencintai karena Allah ditambah lagi dengan nikmat kesehatan yang senantiasa diberikan kepada kita semua. Dengan kita berziarah sekaligus bersilaturahim ke rumah kerabat dalam hal ini calon Haji, maka insyaAllah umur kita akan bertambah keberkahannya.

”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari)

 

#adewiranata

Ade Wiranata™

Belajar dan Mengajar ™ ♻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *