Profile

Ade Wiranata lahir di Pagutan, 24 Nopember 1987 merupakan putra dari pasangan M. Sa’ud (alm) dan Rohani. Anak kedua dari enam bersaudara, satu kakak perempuan : Arikha Widiyastuti dan empat adik laki-laki : Ari Munandar, Sigit Pamungkas, Birizu Fahmi dan Rifaldi Gilang.

Sejak kecil tinggal di sebuah kampung religi yang bernama Karang Buaya, walaupun terdengar tidak islami tapi bisa dibuktikan. Terbukti dari masih terdapatnya pengajian-pengajian anak-anak dan remaja yang dilaksanakan ba’da Shalat Ashar dan Magrib.

Tinggal bersama nenek, bibi dan paman dan jauh dari orang tua, karena tempat tugas Bapak yang kala itu menjadi Pegawai Negeri di Dinas PU Lombok  Tengah yang akhirnya mengharuskan kami terpisah, dan alasan dari Bapak rela berpisah bersama anaknya karena ingin memfokuskan anaknya menjadi orang yang taat kepada Allah SWT dengan tetap mengaji di guru ngaji yang ada di Karang Buaya. (Lahul Fatihah untuk Alm Bapak)

Untuk mendukung keinginan Alm Bapak kepada semua anaknya, Mamak kemudian memasukkan anak-anaknya ke Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan dan mengaji selama hampir 7 (tujuh) tahun. Walaupun tidak menetap (mukimin) tapi pulang pergi (habib kautsar) namun sudah mendapatkan Ilmu Agama yang bisa menjadi bekal kami hidup walaupun harus tetap diasah dan dipelajari kembali.

Pagi hari sekolah/kuliah lalu malamnya kami berangkat ke Pondok untuk mengaji dengan berjalan kaki walaupun menempuh waktu kurang lebih 30 menit. Itulah semangat yang ditanamkan oleh mamak, bahkan hujan dan pulang malam pun kami tetap mengaji. Ah sungguh indah jika dikenang karena bersama teman-teman dan dengan penuh keceriaan.

Pernah menjadi anggota Paskibra saat masih SMA dan bertugas sebagai Pengibar Bendera rutin setiap hari senin, kadang sebagai pembaca teks Undang-undang Dasar 1945. Menjadi juara 1 Ganda Putra pada pertandingan Bulu Tangkis tingkat kelas, walaupun sebenarnya waktu itu menangnya karena lawan mainnya tidak datang saat pertandingan dan kadang dibantu juga sama angin, Hee. Tapi menjadi berkesan ketika menerima Piagamnya karena dibagi saat Upacara Bendera, Yeee.

Beralih ke pembahasan lain yaitu Hobi, walaupun hobi Ngaji dan Belajar juga ternyata yang sering membuat orang lain heran yaitu hobi bermusik karena mungkin menurut sebagian orang sedikit kontra dengan kebiasaan di atas. Tapi “bermusik tetap berzikir”, saya ingat ketika menyampaikan ini sebagai alasan, kenapa tidak langsung diterima padahal saya sendiri yang menjalankan dan mengamalkannya ketika diatas panggung saya tetap berzikir. (Ini saya sampaikan agar tidak selalu menilai orang bermusik itu dengan pandangan negatif, mungkin beberapa orang juga bisa lepas, bebas tapi saya tidak).

Riwayah Grup Band : No Name – genre Punk (2003), Preman Corps – walaupun sering ganti genre pernah Hardcore namun sekarang fokus ke genre Deathcore (2004 – sekarang), AZAB –  genre Death Metal (2011) dan Error Mind – genre Grindcore (2012).

Sekarang fokus untuk mencintai keluarga di Lombok, di Malang dan menafkahi seorang wanita yang saya nikahi pada tanggal 23 Nopember 2017 namanya Yesie Octavia, S.Pd binti Jony Kuswoyo yang berasal dari Malang Jawa Timur.

Harapan : Menjadi orang yang selalu bermanfaat bagi orang banyak.

Motto : Belajar dan Mengajar

Kegiatan sehari-hari menjalani kehidupan sebagai khalifah dimuka bumi dan menjalankan perintah Allah SWT serta menjauhi larangannya secara mutlak, Insyallah semoga diberikan keisiqomahan hingga akhir hayat.

Selainnya silakan bisa dilihat di bawah ini :

Riwayat Pendidikan :

– TK Aisiyah Pagutan

– SD Negeri 5 Pagutan

– SMP Negeri 7 Mataram

– SMA Negeri 4 Mataram

– AMIKOM Mataram

– STMIK Bumigora Mataram

 

Riwayat Pekerjaan:

– SMK Negeri 7 Mataram (2010 – sekarang)

– SMK Negeri 6 Mataram (2012 – 2013)

– SMK Wira Kencana Mataram (2014 – 2015)

– Pondok Tahfiz Sulaimaniyah UICCI Nur Aisyah Mataram (2017 – sekarang)

– …

 

Riwayat Pelatihan :

– Workshop Troubleshooting Komputer – AMIKOM Mataram (2007)

– Diklat Peningkatan Kapasitas Guru Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan – (2010)

– Pengembangan dan Pemanfaatan Konten Jardiknas – PUSTEKOM Jakarta (2010)

– Information Communication Technology dan Pemanfaatannya Untuk Mendukung Pembangunan Nasional Khususnya di Nusa Tenggara Barat – STMIK Bumigora Mataram (2010)

– SEAMEO Regional Open Learning Centere – SEAMOLEC – SMK Negeri 3 Mataram (2011)

– Kegiatan OPPS – STMIK Bumigora Mataram (2011)

– Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK bagi Guru SMA/SMK Negeri/Swasta Kota Mataram – (2012)

– Pelatihan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Online – DIKPORA Prov. NTB dan TELKOM Mataram – (2013)

– Workshop One Day Implementing Cisco IPv6 Networks – PUSTIK STMIK Mataram (2014)

– Training Khatib dan Imam ke XVII – AMCF-Asia Muslim Charity Foundation – Islamic Center NTB (2017)

– Workshop Penyusunan / Pengembangan Kurikulum SMK (K13) Pembelajaran Teaching Factory bagi Guru SMK di Provinsi Nusa Tenggara Barat – Dinas Dikbud Prov. NTB – Fave Hotel Mataram (2018)

– Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Berbasis PPK HOTS Literasi & Pembelajaran Abad 21 – SMK Negeri 7 Mataram (2018)

– …

 

#adewiranata.com