Mitos Selak Magrib Tidak Boleh Keluar ♻

Selak Magrib Tidak Boleh Keluar

Keyakinan kita terhadap hal-hal gaib adalah merupakan salah satu bentuk dari rukun Iman dalam ajaran agama Islam. Karena di sana terdapat keyakinan kepada Allah dan Malaikat yang memang tidak terlihat oleh mata kepala.

Ciri orang yang bertakwa juga percaya kepada yang gaib, penjelasannya dijelaskan di dalam Al-Quran pada surat Al-Baqarah yaitu ayat 3.

Kaitan dengan keyakinan terhadap hal-hal gaib, ada sebagian dari masyarakat yang meyakini adanya waktu dimana setan dan jin mulai keluar berkeliaran, waktu keluarnya itu adalah sebelum azan magrib dikumandangkan.

Istilah di daerah saya yang biasa saya dengar adalah “Selak Magrib”. Selak magrib ini dikaitkan dengan pergantian waktu siang ke malam. Maka waktu yang paling tepat bagi para setan dan jin untuk keluar adalah ketika selak magrib.

Nah ternyata ini juga dijelaskan dalam Sahih Muslim, Nabi bersabda: (Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, Jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.”

Ternyata semua kebiasaan dari orang tua kita dulu yang mungkin kita anggap sebuah mitos ada dasarnya, sehingga wajar setiap kebiasaan-kebiasaan itu menjadi turun temurun ke anak cucu atau generasi berikutnya. Semoga jelas walaupun tidak lengkap. Terima Kasih?

#adewiranata

Ade Wiranata™ ♻

Belajar dan Mengajar ™ ♻ Follow me on => facebook = instagram = twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *